KODE DFP HEAD Keelokan Air Terjun Luweng Sampang Membawa Kita ke Kolam Bidadari | Informasi Tujuan Wisata dan Tempat Piknik
IKLAN ADSENSE BAWAH SIDEBAR (250X250)

Keelokan Air Terjun Luweng Sampang Membawa Kita ke Kolam Bidadari


Gunungkidul mempunyai destinasi tempat wisata yang bagus nan indah, tidak hanya jajaran pantainya yang bisa menjadi daya tarik para pengunjung untuk mengunjungi Gunungkidul namun banyak tempat wisata yang lain seperti Air Terjun Luweng Sampang ini. Air Terjun Luweng Sampang terletak di desa Sampang, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul.

Rute Air Terjun Luweng Sampang

Jarak dari kota Yogyakarta kurang lebih 30km atau dapat ditempuh dengan satu jam perjalanan. Adaftt dua rute untuk menuju air terjun Luweng Sampang sebagai berikut,

1. Yogyakarta > Ringroad ketandan > Jl. Wonosari > Piyungan > Bukit bintang > Patuk > Perempatan dekat GCD FM ambil arah kiri > Ngoro-oro Ombo > ada Perempatan Puskesmas Patuk II > (ambil yang lurus) > Pertigaan Padukuhan Semilir (ke kiri) > Pertigaan SDN Negeri Belang Terbah (masih lurus) > Balai Desa Terbah > ada pertigaan ambil yang lurus kemudian ikuti jalan ± 3 km letak Luweng Sampang di sebelah kanan jalan.

2. Yogyakarta > Maguo > Prambanan > Dari jalan Jogja solo ambil kanan (selatan) > menuju Desa Gantiwarno Klaten > SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno Klaten > Desa Sampang Gunungkidul > Balai Desa Sampang, kemudian ikuti jalan kurang lebih 2 km nah kemudian letak air terjun Luweng Sampang di kiri jalan.

Koordinat GPS: S7°48'35.65" E110°34'20.02"


Kalau Anda merasa kebingungan anda bisa bertanya pada warga setempat. Warga penduduk sangat ramah-ramah lho.

Air Terjun Luweng Sampang ini banyak orang mengatakan sebagai grand canyonnya Gunungkidul karena mirip dengan Grand Canyon Amerika Serikat, asal muasal nama Air Terjun Luweng Sampang ini karena di sini juga kita dapati luweng atau lubang seperti sumur dan letaknya di desa Sampang. 

Luweng Sampang ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu batuan yang ada di sini mempunyai corak garis - garis yang yang di lukis alam semesta, air terjun di sini tingginya kurang lebih 7 meter. Kalau traveler datang pada saat musim penghujan airnya lumayan deres lho. Air yang ada di sini masih sangat bersih dan dingin sekali. Saran saya hati-hati ya karena tempat ini licin. Tempat ini masih belum terlalu ramai karena belum banyak orang mengetahui tempat ini. 


Disini bagi traveler penggemar fotographi atau hanya suka selfie Anda akan dimanjakan dengan suasana alam yang ada disini, luar biasa pokoknya. Di air Terjun Luweng Sampang ini juga terdapat cerita yang menarik dari penduduk yang kita jumpai konon tempat ini dahulunya sebagai tempat pertapaan atau semedi oleh sunan kalijaga.

Sumber: gunungkidulku.com